soal dalam TOEFL Listening

Bagi sebagian besar para calon peserta tes TOEFL, bagian soal TOEFL listening dianggap sebagai bagian yang paling sulit diantara beberapa bagian lain seperti reading dan structure. Padahal sebenarnya reading dan structure justru merupakan bagian yang harus benar-benar dipelajari secara detail karena berkaitan langsung dengan tata bahasa. Sedangkan untuk bisa mengerjakan soal listening dengan lancar, diperlukan untuk berlatih berulang-ulang dan memperbanyak kosakata Bahasa Inggris.

toefl listening
Macam-macam bagian soal dalam TOEFL Listening

Pada dasarnya, soal-soal pada listening terdiri dari tiga bagian, yaitu part A, part B, dan part C. Sesi Listening ini terdiri dari 50 pertanyaan yang dikerjakan dalam waktu 40 menit, jadi secara matematis Anda hanya mempunyai waktu 48 detik untuk mengerjakan satu soalnya. Sesi ini juga dibagi menjadi tiga bagian soal. Bagian pertama (part A) adalah Short Conversation (percakapan singkat). Pada bagian ini Anda akan mendengarkan percakapan antar dua orang yang akan membahas berbagai macam topik yang akan menanyakan mengenai meaning (maksud kata), idiommatic expression, suggestion (rekomendasi/ saran), asumsi, prediksi, implikasi (maksud tersirat), problem (masalah pembicara), dan topik (tema pembicaraan). Jenis – jenis soal tersebut akan dengan mudah dan cepat Anda kerjakan jika Anda mengetahui cara mengerjakannya dengan baik, seperti: 1) Baca dulu pilihan-pilhan jawaban sebanyak-banyaknya ketika narator membaca direction. Jangan ambil pusing dengan direction yang dibaca narator. 2) konsentrasi lebih pada pembicara kedua, karena umumnya pertanyaan model ini lebih banyak tentang apa yang dimaksud oleh pembicara kedua. 3) Kalau tidak bisa menjawab satu soal, Tebak saja. Ingat waktu Anda sangat terbatas.

Toefl Listening Comprehension Sample Questions: With The Professor

Memang di beberapa artikel sebelumnya tentang listening comprehension kita telah membahas tentang percakapan yang biasanya terjadi di kampus.

Masih ada begitu banyak percakapan yang terjadi di kampus, dan dalam artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang materi perkuliahan yang dibawakan oleh seorang profesor atau dosen.

Tentu sama seperti saat berada di kelas sesungguhnya, kamu harus memperhatikan dengan detil. Bedanya, saat di kelas kamu bisa mencatat apapun yang sedang diterangkan oleh profesor, bahkan bisa bertanya apapun yang kurang jelas.

Namun dalam sesi listening comprehension TOEFL ITP, hal itu tidak mungkin terjadi.

Kamu hanya diberi waktu satu kali untuk mendengarkan materi perkuliahan sekaligus mendengarkan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah disampaikan.

Tapi jangan khawatir, sebagian besar soal tes TOEFL ITP yang berkisar tentang materi perkuliahan tidak akan sedetil atau serumit perkuliahan sesungguhnya. Tidak ada salahnya membiasakan diri dengan berlatih sebanyak mungkin.

Percakapan dengan dosen atau profesor tidak hanya seputar pembicaraan satu arah di dalam kelas saja, tapi juga percakapan tentang apapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s