DJP Online : EFIN, Cara Daftar, dan Lapor SPT Efiling dan E-Form 2018

 

DJP Online : EFIN, Cara Daftar, dan Lapor SPT Efiling dan E-Form 2018

Sejak hadirnya DJP Online, melaporkan SPT Tahunan pajak sekarang makin mudah. Tidak perlu antri di kantor pajak atau menggunakan jasa kurir yang beresiko gagal lapor. Membayar pajak pun mudah, tidak perlu antri di kantor pos. Semuanya bisa lewat DJP online.

Layanan DJP Online

Tutorial ini saya bagi menjadi 5, anda bisa loncat ke bagian yang anda suka.

a. EFIN : Wajib Anda Miliki Untuk Mendaftar DJP Online
b. Video Resmi Tutorial Mendaftar DJP Online
c. Cara Mendaftar DJP Online dengan Gambar Per Langkah
d. Cara Lapor SPT Tahunan dengan Efiling Pajak (pilih ini jika sudah pernah mendaftar)
e. Cara Lapor Pakai E-form untuk SPT 1770S dan 1770 OP

Oke langsung saja. DJP Online : Cara Lapor SPT Tahunan via eFiling Pajak Online 2018
eFiling DJP Online merupakan aplikasi layanan pajak elektronik dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang memiliki fungsi memberikan pelayanan kepada Anda sebagai Wajib Pajak Perorangan atau Badan yang ingin menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak secara online.

Yang dimaksud SPT Pajak Tahunan disini adalah surat yang bisa Anda gunakan untuk melaporkan perhitungan atau pembayaran pajak, objek atau bukan objek pajak, harta dan kewajiban sesuai dengan Undang-Undang Pajak yang berlaku dalam periode satu tahun pajak.

Daftar Isi :

Keuntungan Menggunakan Aplikasi eFiling
Cara Registrasi Pendaftaran Akun DJP Online
Cara Lapor SPT Tahunan Online via eFiling Pajak
Langkah Pengisian eFiling DJP Online Formulir SPT 1770 S
Dokumen Pendukung Lampiran SPT Tahunan Melalui DJP Online

 

Untuk bisa login ke sistem DJP Online, Anda diwajibkan harus memiliki nomor EFIN yang bisa diperoleh melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana NPWP Anda sudah terdaftar. Langkah selanjutnya adalah registrasi pendaftaran akun dan mengisi formulir eFiling SPT Tahunan melalui situs : https://djponline.pajak.go.id.

Anda sebagai WP Perorangan bisa secara langsung mengisi Formulir SPT Tahunan melalui aplikasi eFiling. Sedangkan untuk WP Badan proses penyampaiannya dengan mengupload SPT tersebut beserta lampirannya ke sistem DJP Online.

Anda akan dipandu oleh sistem mengenai tata cara pengisian SPT hingga selesai. Perlu diingat bahwa batas akhir penyampaian SPT Tahunan adalah pada tanggal 31 Maret 2018 untuk WP Orang Pribadi dan 30 April bagi WP Badan.

Setelah selesai melaporkan SPT tersebut, Anda bisa langsung melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi eBilling yang terintegrasi dengan sistem DJP Online. Aplikasi ini fungsinya adalah untuk membuat kode billing sejumlah 15 digit yang nantinya akan dicantumkan pada saat pembayaran pajak melalui ATM, Kasir Bank, Kantor Pos, atau Internet Banking.

Kode billing digunakan sebagai pengganti Surat Setoran Pajak (SSP) dan terhitung sejak tanggal 1 Juli 2016 seluruh pembayaran pajak diwajibkan melalui sistem eBilling.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s