membaca Surat Al Kahfi

Umat muslim yang membaca surat itu akan memperoleh keutamaan sebagai berikut.

1. Dilindungi dari Fitnah Dajjal

Orang yang membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Ini terdapat dalam beberapa riwayat berikut:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

“Barang siapa diantara kalian yang mendapatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud).

2. Allah Menyinarinya dengan Cahaya Keindahan

Cahaya ini akan memancar dari dua telapak kaki hingga ke langit dan akan terlihat saat hari pembalasan nanti.

Bacaan Keutamaan Manfaat Surat Al-Kahfi Latin Dan Artinya

Surat al-kahfi atau dengan nama lain ashabul kahf yang memiliki arti para penghuni gua termasuk pada surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat dan di turunkan surat ini di kota makah sehingga termasuk pada golongan surat makkiyah. Isi kandungan yang ada pada surat al-kahfi sebagian besar menceritakan tiga kisah sejarah masa lalu yaitu kisah Ashabul Kahfi, kisah pertemuan nabi Musa as dan nabi Khaidir as serta kisah Dzulqarnain, tetapi kisah ashabul kahfi memang memiliki keunggulan lebih sehingga di jadikan sebagai nama surat.

Di jadikannya al-kahfi sebagai nama surat dalam al-qur’an tentu hal ini bukanlah kebetulan semata, tapi karena kisah Ashabul Kahfi seperti juga kisah dalam al-Quran lainnya, bukan merupakan kisah semata, tapi juga terdapat banyak pelajaran (ibrah) didalamnya. Jika membaca sejarah ashabul kahfi maka tentu kita akan menemukan banyak hal yang sangat menarik dan luar biasa yang mana hal tersebut menunjukan kekuasaan allah swt sang maha pencipta satu-satu yang haq untuk di sembah dan di yakini atas kekuasannya terhadap segala sesuatu.

Lalu siapa ashabul kahfi ini sehingga begitu di kedepankan dan di jadikan sebagai nama dalam al-qur’an, dalam cerita di kemukakan bahwa ashabul kahfi adalah segolongan pemuda beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi seorang raja yang dzalim penyembah berhala. Yang mana para pemuda tersebuh lari kedalam gua dalam cerita berasama seekor anjing dan di tidurkan oleh allah swt selama 309 tahun dan di bangunkan lagi ketika pada masa kerajaan Abdurrahman seorang raja yang adil.

Gambar Surat Al-Kahfi

Jika membaca tentang sejarah para sehabat ashabul kahfi, maka bisa di katakan ini adaalah cerita atau sejarah yang sangat menarik sekali, bahkan tidak sedikit kejadian-kejadian di luar akal manusia biasa, mungkin bagi orang yang tidak beriman kepada al-qur’an susah untuk meyakini dan menangkap cerita ini sebab banyak sekali kisah-kisah menarik yang menunjukan kekuasaaan allah swt di akal manusia termasuk juga tidurnya yang begitu lama. Jika tidak di sertai dengan kekuasaan dan kehendak allah swt maka tidak mungkin ada orang yang mampu tertidur selama itu.

Keutamaan Surat Al-kahfi

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Jangan Sia-siakan, Ini Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, http://bangka.tribunnews.com/2018/03/16/jangan-sia-siakan-ini-empat-keutamaan-membaca-surat-al-kahfi-di-hari-jumat?page=2.

Editor: Iwan Satriawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s